
Penjelasan 4000 Jam Tayang dan cara mencapainya
Sejak Januari 2018, Youtube menetapkan aturan baru tentang syarat monetisasi, dimana setiap channel harus mengejar 4000 jam tayang dan 1000 Subscriber. 1000 Subscriber adalah jumlah subscriber sejak channel dibuat sehingga mudah dimengerti, tetapi jumlah 4000 jam tayang dihitung hanya dalam 12 bulan terakhir, ini membuat beberapa youtuber pemula kesulitan untuk mengerti tentang syarat ini.
Kamu membuat channel pada 1 Januari 2018
Dalam 12 bulan (sampai dengan 31 Desember 2018) ternyata tidak mencapai 4000 jam tayang.
Ini tidak berarti bawah channel kamu tidak dapat lagi diterima untuk monetisasi. Ini hanya berarti bahwa Channel kamu belum memenuhi syarat monetisasi. Jadi, akan dihitung keesokan harinya, atau bulan depannya (Setiap hari dihitung berapa jam tayang pada 12 bulan ke belakang).
Misalnya pada tanggal 1 Februari, perhitungannnya adalah setiap jam tayang yang diperoleh dari tanggal 1 Februari 2018 s/d 31 Januari 2019. Peroleh jam tayang pada bulan Januari 2018 tidak lagi dihitung.
Untuk lebih jelas lagi :
Menyusun Target
4000 Jam = 240 ribu menit
12 bulan = 365 hari
ini berarti target perhari dapat dihitung 240.000 : 365 = 657,53
Nah, kita bulatkan saja ke 658 menit
Ini berarti bawah dalam setiap hari channel kamu harus memperoleh minimal 658 menit waktu tayang.
Jika kamu belum bisa mencapai rata-rata waktu tonton per hari lebih 658 menit, maka jangan berharap Channel kamu bisa mencapai syarat Monetisasi dalam setahun.
KIAT-KIAT UNTUK MENGEJAR 4000 JAM TAYANG :
PENJELASAN 4000 JAM TAYANG
Berikut adalah penjelasan dan cara mencapai syarat 4000 Jam Tayang:4000 Jam tayang
ini adalah perhitungan berapa lama orang menonton video-video kita di channel Youtube kita. ini juga berarti bawah yang dihitung adalah jumlah jam tayang dari seluruh video dalam sebuah channel.12 Bulan Terakhir
12 Bulan disini maksudnya adalah 12 bulan ke belakang. Misalnya pada contoh kasus seperti di bawah ini :Kamu membuat channel pada 1 Januari 2018
Dalam 12 bulan (sampai dengan 31 Desember 2018) ternyata tidak mencapai 4000 jam tayang.
Ini tidak berarti bawah channel kamu tidak dapat lagi diterima untuk monetisasi. Ini hanya berarti bahwa Channel kamu belum memenuhi syarat monetisasi. Jadi, akan dihitung keesokan harinya, atau bulan depannya (Setiap hari dihitung berapa jam tayang pada 12 bulan ke belakang).
Misalnya pada tanggal 1 Februari, perhitungannnya adalah setiap jam tayang yang diperoleh dari tanggal 1 Februari 2018 s/d 31 Januari 2019. Peroleh jam tayang pada bulan Januari 2018 tidak lagi dihitung.
Untuk lebih jelas lagi :
- Bulan 1 sd bulan 12 belum mencapai syarat --> Lanjut
- Bulan ke 13 yang dihitung hanya bulan ke-2 s/d bulan ke 13
- Bulan ke 14 yang dihitung hanya bulan ke-3 s/d bulan ke 14
CARA MENGEJAR 4000 JAM TAYANG
Dengan melihat penjelasan tentang 12 bulan terakhir di atas, maka seorang Youtuber baru seharusnya menetapkan target agar dalam 12 bulan channelnya dapat mencapai 4000 Jam Tayang.Menyusun Target
4000 Jam = 240 ribu menit
12 bulan = 365 hari
ini berarti target perhari dapat dihitung 240.000 : 365 = 657,53
Nah, kita bulatkan saja ke 658 menit
Ini berarti bawah dalam setiap hari channel kamu harus memperoleh minimal 658 menit waktu tayang.
Jika kamu belum bisa mencapai rata-rata waktu tonton per hari lebih 658 menit, maka jangan berharap Channel kamu bisa mencapai syarat Monetisasi dalam setahun.
KIAT-KIAT UNTUK MENGEJAR 4000 JAM TAYANG :
- Memahami Algoritma Youtube (silahkan tonton video di bawah)
- Memahami Cara membuat Judul, Tag, dan Deskripsi Video Youtube
- Membuat Thumbnail video yang menarik
- Jangan melanggar aturan Youtube (akan dibahas dalam sesi tersendiri)
- Jadilah Youtuber yang serius (berhubungan dengan Algoritma Youtube)
- Konsisten dalam upload video (dengan konsisten upload video, Algoritma Youtube akan menilai channel kamu sebagai Channel yang serius)
Posting Komentar